RENUNGAN HARIAN KRISTEN TERBARU, SELASA 23 JULI 2019

MENGENAKAN SENJATA TERANG

OLEH: E. Gunawi Sp.

FIRMAN TUHAN:

Roma 13:12-14

Puji Tuhan! Hari ini, Tuhan Yesus yang kita banggakan memberi kita waktu untuk merenungkan dan mempelajari Firman-Nya. Firman Tuhan yang akan kita renungkan dan kita pelajari ditulis dalam Surat Roma 13:12-14, dalam perikop: “Kasih adalah kegenapan hukum Taurat”.

Adapun topik kita adalah: MENGENAKAN PERLENGKAAN SENJATA TERANG. Terpujilah Dia, karena kasih setia-Nya, Dia sudah melimpahkan kepada kita berkat dalam segala perkara dengan berlimpah-limpah. Haleluya! Dimuliakanlah Dia!

Mengenakan artinya memakai, menggunakan, menjalankan atau melaksanakan. Perlengkapan adalah alat. Senjata adalah alat yang dipakai untuk berkelahi atau berperang. Misalnya keris, senapan, pistol senjata laras panjang dan lain-lain.

Kita mengenal senjata tajam, senjata ringan, senjata api, senjata berat, senjata biologi, senjata kimia, senjata konvensional, senjata inkonvensional, senjata nuklir dan sebagainya. Ada pula istilah senjata makan tuan.

Sedangkan terang berarti dalam keadaan dapat dilihat atau didengar, nyata, jelas, atau cerah. Terang juga berarti bersinar, siang hari, cahaya, sinar, bersih, jernih, sah, atau terbukti kebenarannya.

“Mengenakan perlengkapan senjata terang” dapat dimaknai memakai atau menggunakan alat senjata Firman Allah. Yaitu Injil Tuhan yang dapat dibaca, didengar, dihayati dan dilakukan secara nyata, jelas, cerah, bersinar, bercahaya, bersinar, bersih, jernih, sah, atau terbukti kebenarannya bagi kita dan semua orang percaya.

Marilah kita simak dan kita pelajari Firman Tuhan yang direkam dalam Surat Roma.13:12. Alkitab mengatakan: “Hari sudah jauh malam, telah hampir siang. Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang!”

Hari sudah jauh malam! Fajar akan menyingsing! Kekelaman malam hampir terang. Dan siang telah hampir tiba. Terang sudah datang! Oleh sebab itu, marilah kita menanggalkan segala perbuatan kegelapan. Hindarkan diri kita dari segala yang jahat. Jauhkan diri kita segala keinginan hawa nafsu dunia.

Kenakanlah perlengkapan senjata terang dengan menggunakan Firman Tuhan. Gunakan senjata kebenaran yang dapat dibaca dan didengar, senjata Allah yang bercahaya serta jelas dan nyata kebenarannya. Kenakanlah perlengkapan senjata terang dengan menggunakan kasih setia dan kasih karunia Tuhan kita sebagai senjata untuk melawan roh jahat, kuasa kegelapan, setan dan iblis.

Gunakanlah senjata terang dengan menggunakan Firman Yang Hidup, yaitu Kristus Yesus sebagai senjata khusus untuk melawan kejahatan dan hawa nafsu. Senjata yang dahsyat untuk menghancurkan ketidakbenaran dan ketidakadilan.

Mari kita perhatikan dan kita pelajari Firman Tuhan yang ditulis dalam Surat Roma.13:13. Alkitab mengatakan: “Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati.”

Dengan iman yang teguh kepada-Nya, mari kita hidup seturut dengan Firman-Nya dalam segala perkara. Percayalah! Bahwa Roh Kudus yang diam di dalam hati kita akan memberikan buah roh yang dahsyat. Dalam Surat Galatia 5:22-23, dinyatakan: “Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.”

Janganlah kita menyia-nyiakan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna. Jangan pula kita mengikuti keinginan hawa nafsu duniawi yang jahat. Bangunlah! Bangkitlah! Jangan terjebak dalam kejahatan dunia yang akan berujung pada kebinasaan dan kematian kekal.

Oleh sebab itu, Rasul Paulus mengingatkan kita: “jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati.” Hindarilah pesta pora dan mabuk-mabukan. Hindarilah percabulan dan hawa nafsu kedagingan. Hindarilah akar pahit, dendam, perselisihan dan iri hati. Karena semua itu akan menyeret kita kedalam dosa dan kejahatan.

Percayalah! Bahwa senjata terang dari Allah adalah senjata yang sangat ampuh untuk melawan hawa nafsu dan kejahatan. Bahwa senjata terang adalah senjata yang sangat dahsyat untuk menghindari kebodohan, kebebalan, ketidakjujuran, kemunafikan, kebohongan dan kesombongan. Kenakanlah perlengkapan senjata kebenaran dan belaskasihan-Nya sebagai senjata untuk melawan akar pahit, perbantahan, dendam, iri hati, perselisihan, pertengkaran dan permusuhan.

Marilah kita baca Firman Tuhan yang dicatat dalam Surat Roma 13.14. Alkitab mengatakan: “Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya.”

Rasul Paulus mengingatkan kita “kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang”. Benar! Percayalah bahwa Kristus Yesus Tuhan kita adalah Tuhan segala tuhan yang dapat didengar, dapat dipercaya, yang bercahaya dan terbukti kebenaran-Nya. Percayalah kepada Yesus Kristus yang sudah menebus dosa kita, bukan dengan barang yang fana, tetapi dengan darah-Nya yang Kudus dan mahal.

Firman Tuhan yang dicatat oleh Rasul Yohanes, salah satu murid yang sangat dikasihi-Nya, dalam Injil Yohanes 1:4-5, mengatakan: “Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.”

Firman tersebut menyatakan kepada kita bahwa di dalam Tuhan Yesus Kristus kita hidup. Dan di dalam hidup itu ada terang bagi kita. Terang itu adalah Tuhan Yesus yang mencahayai kegelapan karena kegelapan itu tidak berkuasa menolak-Nya. Tuhan Yesus adalah terang bagi dunia yang diliputi oleh kegelapan, sehingga dunia menjadi terang.

Sementara itu, dunia yang diliputi oleh kegelapan tidak mampu menolak terang Firman-Nya. Terang Kristus Yesus sudah menaklukkan kegelapan dunia, karena Dia adalah terang yang sesungguhnya. Firman Tuhan dalam Injil Yohanes 1:9, menyatakan: “Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.”

Lagi-lagi Rasul Paulus mengingatkan kita: “dan janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya.” Oleh karena itu, kendalikanlah tubuh kita dari pemuasan keinginan kedagingan. Tahanlah hawa nafsu dunia. Karena semua itu akan menyeret kita ke jurang maut. Semuanya itu akan membawa kita ke dalam kebinasaan kekal.

Perhatikanlah! Tuhan Yesus berfirman dalam Injil Matius 5:14: “Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.” Firman ini mengingatkan kita bahwa kita adalah terang dunia. Bahwa kita adalah sinar atau cahaya yang dapat dilihat atau didengar oleh dunia. Bahwa kita adalah terang yang menyinari atau mencahayai seluruh kegelapan dunia dalam nama-Nya dan kebenaran-Nya.

Kemudian, marilah kita pelajari Firman Tuhan Yesus yang dicatat dalam Injil Matius 5:16. Firman Tuhan menyatakan: “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”” Jika kita adalah terang dunia, maka hendaklah terang kita mencahayai banyak orang di sekeliling kita. Jika senjata terang kita menyinari banyak orang di sekitar kita, maka mereka akan melihat semua perbuatan kita yang baik dan bijak. Jika senjata terang kita diterima oleh banyak orang, maka mereka akan memuji, menyembah dan memuliakan Allah Bapa yang bersemayam dan bertakhta di sorga. Haleluya!

Berbahagialah kita yang mengenakan perlengkapan senjata terang dalam nama-Nya, karena Dia adalah terang dan hidup yang memberi kita hidup damai sejahtera dan sukacita selamanya. Berbahagialah kita yang menggunakan senjata Firman Tuhan yang dapat dibaca dan didengar, yang bercahaya serta jelas dan nyata kebenarannya, karena Allah sudah menjadikan kita terang dunia. Berbahagialah kita yang mengenakan Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan merawat tubuh kita untuk kemuliaan-Nya, karena Dia sudah menyediakan bagi kita banyak tempat yang terang dan damai sejahtera di rumah Bapa. Haleluya!

JESUS CHRIST BLESS YOU AND US. AMEN.